Apa Maksud Dari Warna-Warna Yang Ada Di Semua Channel Televisi (TV) Jika Malam atau Pagi?

Apa Maksud Dari Warna-Warna Yang Ada Di Semua Channel TV Jika Malam atau Pagi?
WWW.NEWBIESUKSES.COM - Apa Maksud Dari Warna-Warna Yang Ada Di Semua Channel TV Jika Malam atau Pagi atau Saat Tidak Beroperasi?


Hai kembali lagi nih dengan Admin Albert, sudah lama ya Admin Albert dan Admin Lainnya tidak posting sesuatu hehe... kali ini Admin Albert mau berbagi informasi nih tentang "Apa Maksud Dari Warna-Warna Yang Ada Di Semua Channel TV Jika Malam atau Pagi?".

Ya ketika Admin Albert masih kecil, Admin sering bingung itu apa sih? Rusak atau kenapa sih? Kok bisa warna warni begitu? Nah sekarang Admin Albert sudah tau jawabannya. Ini dia penjelasannya akan di bahas :

Apaan sih maksud atau arti dari warna-warna tersebut? Dan kenapa warna-warna itu selalu hadir setiap TV di rumah kita selama ini ya? Perkenalkan ya, warna-warna itu merupakan stardard test/testcard dengan jenis color bar dan warna-warna itulah yang membantu channel televisi dan TV kita sendiri untuk tetap selalu menampilkan warna-warna dan kecerahan yang tepat selama ini. Namun bagaimana sih cerita dibalik strip yang berwarna yang sering muncul pada saat channel berhenti beroperasi tersebut seperti pada gambar di atas?

SMPTE Color Bars
Apa Maksud Dari Warna-Warna Yang Ada Di Semua Channel Televisi (TV) Jika Malam atau Pagi?
Saat tengah malam atau subuh, ketika sebuah channel televisi atau TV berhenti mengudara/menayangkan sesuatu, maka mereka akan menampilkan serangkaian strip yang berwarna dengan di iringi oleh suara monotone yang begitu panjang dan keras. Strip dan suara tersebut biasa dikenal dengan nama Society Motion Picture and Television Engineers’s Engineering Guideline EG 1-1990. Fungsinya adalah untuk mengkalibrasi monitor dan televisi anda.

Warna-warna yang dihardirkan oleh color bar tersebut bukan disusun dengan asal loh. Warna kuning, cyan, hijau, magneta, merah, dan biru di tengah layar kamu itu disusun berawal dari warna yang paling cerah tentunya, hingga paling redup bro. Susunan itu digunakan untuk menentukan white level yang tepat dari monitor kamu. Sedangkan untuk rangkaian warna yang berada di bawahnya itu, ada warna briu, hitam, magenta, dan seterusnya yang digunakan untuk menepatkan / menentukan color balance bro.

PM5544

Nah ini dia test card yang tidak kalah sering pastinya yang kita jumpai di televisi atau TV anda. Iya gambar tersebut juga merupakan test card bernama PM5544 dan memang sering sekali digunakan untuk Televisi atau TV dengan format video nya itu PAL atau Phase Alternate Line. Jika SMPTE Color Bars ini pada awalnya dikhususkan untuk yang fomat videonya NTSC yang biasanya diperuntukkan untuk wilayah yang berada di Amerika Utara (yang kemudian digunakan untuk PAL juga), maka PM5544 memang di khususkan untuk televisi yang format videonya PAL untuk wilayah Eropa dan Asia.

Hayoo bagaimana sudah tau donk "Apa Maksud Dari Warna-Warna Yang Ada Di Semua Channel Televisi (TV) Jika Malam atau Pagi?" sudah lah pastinya hehe... Admin Albert juga baru tau loh wkwk.. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau semacamnya. Jangan Lupa follow dan komentar di blog ini ya :D Terima kasih sudah berkunjung. Sumber : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Maksud Dari Warna-Warna Yang Ada Di Semua Channel Televisi (TV) Jika Malam atau Pagi?"

Post a Comment

Jika anda memiliki saran, kritik atau referensi tentang blog ini silahkan berkomentarlah, karena saran, kritik atau referensi akan membangun blog kami menjadi lebih baik lagi.
Kami sangat menghargai komentar anda, baik itu komentar yang baik atau buruk tentang blog kami, karena dengan anda berkomentar kami ada dan akan menjadi lebih baik lagi.
© 2015 NewbieSukses Team and Albert K A✔